Wednesday, March 14, 2018

Cara Menginstall Software Melalui Repository Indonesia ke Debian

Debian memiliki berbagai paket software yang tersedia di dalam repository baik berupa link internet maupun dalam bentuk CD/DVD. Dengan repositori kita dapat men-dapatkan aplikasi yang kita inginkan karena sudah tersedia banyak sekali aplikasi-aplikasi atau library pendukung yang siap kita gunakan. Untuk instalasi paket aplikasi pada debian-based (Ubuntu, Linux Mint, Xubuntu,dll) ada beberapa cara, antara lain menggunakan apt, dpkg, dan aptitude.

APT menggunakan sebuah file yang berisi daftar 'sumber' dari paket yang dapat diperoleh. File ini disimpan dalam direktoi / etc / apt / sources.list. Untuk mengkon-figurasinya, maka diketikkan perintah # nano /etc/apt/sources.list. untuk menginstall paket, maka digunakan perintah #apt-get install nama_paket, sedangkan untuk menghapusnya, maka digunakan perintah #apt-get install remove nama_paket atau # apt-get purge nama_paket.

Melakukan setting repositori untuk installasi software melalui jaringan internet

· Jalankan perintah : nano /etc/apt/sources.list untuk melihat semua alamat repositori diletakan pada file sources.list
image

· Tambahkan alamat Repositori Server pada file tersebut. Dan beri tanda “#” yang berarti Disable, pada alamat repositori yang tidak diperlukan.

· Penambahan alamat repositori server indonesia dari UI
image

· Update database repositori, agar dapat mengenali seluruh paket software yang tersedia, dengan perintah : apt-get update dan apt-get upgrade
image

No comments:
Write komentar