Tuesday, February 12, 2019

Soal Uraian ( LOTS ) Komunikasi Data dan Pembahasannya

Soal Uraian Komunikasi Data Level 1 ( LOTS )


1. Berikanlah penjelasan tentang pengiriman seri paralel pada proses komunikasi data !
Jawaban :
1. Didalam system computer, karakter-karakter disajikan dalam bentuk data yang terdiri dari sederetan angka biner, atau bit (binary digit). Setiap bit hanya bernilai 1 atau biner 0. Pemindahan, penyimpanan, dan pengolahan data dalam computer, atau mikroprosesor, dapat dikerjakan berdasar atas operasi 8-bit, 16-bit atau 32-bit, tergantung jenis computer yang digunakan.
2. Apakah yang dimaksud dengan pengiriman data tak sinkron pada proses komunikasi data ?
Jawaban :
2. Pada pengiriman data tak sinkron, setiap karakter dikirimkan sebagai satu kesatuan (entity) bebas, yang berarti bahwa waktu antara pengirim bit terakhir dari sebuah karakter dan bit pertama dari karakter berikutnya tidak tetap. Pengiriman data tak sinkron lebih sederhana disbanding pengiriman sinkron, karena hanya isyarat data saja yang dikirimkan.
3. Bagaimana penjelasan tentang kecepatan pengisyaratan data (data signalling speed) pada proses komunikasi data ?
Jawaban :
3. Kecepatan pengisyaratan data (data signalling speed) adalah kecepatan pengiriman informasi lewat sirkit dan dinyatakan dengan satuan bit/detik. Untuk pengiriman seri:Kecepatan pengisyaratan data = log2n / T bit/detik (1.2).Dengan n adalah cacah kondisi pengisyaratan, dan T adalah durasi bit. Jika hanya terdapat dua kondisi pegisyaratan, 1 dan 0, maka n = 2, dan kecepatan pengisyaratan data adalah = 1/T bit/detik.
4. Apakah kamu sudah memahami pengiriman data sinkron pada proses komunikasi data ? Jelaskan !
Jawaban :
4. Pada pengiriman data sinkron sejumlah blok data dikirimkan secara kontinu tanpa bit awal atau akhir. Detak pada penerima dioperasikan secara kontinu dan dikunci agar supaya sesuai dengan detak pengirim.
5. Apa yang kamu ketahui tentang sandi data ?
Jawaban :
5. LiFiini memiliki beberapa kelebihan seperti luas spektrum transmisi yang lebih luas hingga 10.000 dari Wireless Fidelity yang berbasis gelombang radio. LiFi juga mampu menyediakan konektivitas nirkabel dirumah atau dikamar tanpa takut terjadi kebocoran sinyal

No comments:
Write komentar